Sabtu, 01 September 2012

kerajinan tangan dan kesenian

tau kah kalian teman, bahwa dulu sempat ada pelajaran kerajinan tangan dan kesenian. yaa, pelajaran ini mengharuskan para murid untuk membuat suatu kerajinan yang dibuat dengan tangan sendiri untuk kemudian di antar ke depan kelas, lalu di nilai dan selamatlah kita dari hukuman para guru.

karna nama pelajaran ini adalah kerajinan tangan dan kesenian, berarti semua harus di buat sendiri tanpa harus membeli di toko atau di tempat - tempat tertentu, dan nilai tertinggi akan di berikan kepada murid yang membuat suatu kerajinan tangan atau benda yang sangat cantik, menarik dan tentu saja memiliki nilai guna, atau dengan kata lain jenis kerajinan tangan yang bermanfaat untuk kelas lah yang akan menjadi pemenangnya.

sedikit informasi untuk kalian teman, bahwa dulu waktu kami semua masih SD, pelajaran yang kami yang kami dapat semua murni di tulis menggunakan kapur tulis, baik itu tulisan atau pun gambar kubus matematika. meski berita bahwa kapur bisa menyebabkan TBC sudah merebak, tapi sekolah kami tetap menggunakan kapur, bukan karna tidak memperdulikan kesehatan murid, tapi karna keadaan yang menjepit.


melihat gambar ini aku tersenyum kawan


kembali ke pembahasan awal, jadi setiap habis caturwulan maka kami harus mengerjakan tugas kerajinan tangan ini, beberapa dari teman - teman mungkin terlalu asik bermain sehingga kadang mereka hanya membungkuskan sabun mandi kedalam kertas kado lalu di antar ke depan kelas sebagai tugas kerajinan tangan mereka, guru tetap menerima jenis kerajinan tangan itu karna yang di nilai adalah cara mereka membungkus kado tersebut bukan isi dari kado itu, yaa walaupun tetap isi kado itu menjadi hak milik ibu guru.

lalu bagi murid - murid yang tau bahwa sabun mandi sudah sering di antar ke depan, maka mereka kadang mengganti dengan sekotak kapur tulis, yang kemudian juga di bungkus dengan kertas kado. aku lebih setuju dengan kado kapur ini daripada sabun mandi, karna ini bisa bermanfaat untuk kelas walaupun harga kapur agak mahal sih dibanding sabun mandi.

salah satu benda yg membuat aku bisa membaca


namun selain kapur tulis dan sabun mandi yang dibuat kerajinan tangan membungkus kado, ada lagi murid yang lebih kreatif lagi, waktu itu ada yang mengantar penghapus papan tulis yang lengkap dengan gantungan untuk di gantung di samping papan tulis, tentu saja penghapus ini murni buatan tangan. penghapus ini tidak seperti yang kalian bayangkan teman, penghapus yang dibuat dengan tangan ini berupa kain yang di jahit menjadi kantung lalu di isi dengan kapuk bantal kemudian di jahit dan bentuknya mirip bantal tapi sangat kecil.

kira - kira seperti ini bentuknya


dan pelajaran kerajinan tangan dan kesenian ini merupakan salah satu pelajaran favorit waktu itu, karna setiap orang punya karya masing - masing, yaa meskipun sabun mandi sangat dominan waktu itu. hehehehe

nanti aku sambung lagi, bye...

1 komentar: